Ginting, Susanna (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 060925 SUDIREJO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166181035 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 8166181035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
4. NIM. 8166181035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM. 8166181035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 8166181035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8166181035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8166181035 TABLE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 8166181035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
12. NIM. 8166181035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 8166181035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis video
yang layak dengan pendekatan scientific dan mengetahui efektivitas
pengembangan media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model
pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan
pengembangan 4D (four-D) yang terdiri atas 4 tahap utama, yaitu define, design,
develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
060925 Sudirejo yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Lembar Validasi Ahli, (2) Angket
Respon Siswa, (3) Tes Hasil Belajar Siswa. Media pembelajaran berbasis video
pada subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku secara keseluruhan
dinyatakan sangat layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi
sebesar 3,7, ahli media sebesar 3,6, dan ahli desain grafis sebesar 3,6. Hasil
belajar siswa pada tahap uji coba diperoleh rata-rata hasil pretes sebesar 56,72 dan
hasil postes siswa memperoleh rata-rata sebesar 89,13. Keefektifan media
pembelajaran berbasis video diperoleh rata-rata sebesar 89,13% dan rata-rata
keefektifan pembelajaran menggunakan media power point sebesar 72,24%. Nilai
keefektifan media pembelajaran berbasis video lebih tinggi dari nilai keefektifan
media pembelajaran power point yaitu sebesar 16,89%.. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video sangat layak digunakan
dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Gin p |
Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, pendekatan scientific, keragaman budaya |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL624 Religious life L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 04:53 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36071 |