PENGARUH KETERAMPILAN PENALARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN

Saragih, Jheni Yusuf (2019) PENGARUH KETERAMPILAN PENALARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146191010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146191010 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146191010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146191010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146191010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146191010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146191010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146191010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146191010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146191010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146191010 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146191010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146191010 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146191010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146191010 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146191010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146191010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146191010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146191010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146191010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146191010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146191010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah benar; (1) siswa
yangmemiliki Keterampilan Penalaran tinggi, keterampilan menulis teks
eksplanasi lebih baik daripadasiswa yang Keterampilan Penalarannya rendah; (2)
siswa yang orang tuanya memilikistatus sosial ekonomi tinggi keterampilan
menulis teks eksplanasi lebih baik daripada siswa yangorang tuanya memiliki
status sosial ekonomi rendah; dan (3) ada interaksi antara Keterampilan Penalaran
dan status sosial ekonomi orang tua dalam mempengaruhiketerampilan menulis
teks eksplanasi siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah expost facto
dengan rancangananalisis data berbentuk faktorial 2x2.Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswakelas VIII SMP Negeri 2 Raya Kabupaten Simalungun;
sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 60 siswa dengan teknik simple
random sampling.Teknikpengumpulan data digunakan tes dan angket.Tes untuk
mengambil data keterampilanmenulis teks eksplanasi dan Keterampilan
Penalaran, sedangkan angket digunakan untuk mengambildata status sosial
ekonomi orang tua.Teknik analisis data menggunakan AnalisisVarian Dua
Jalan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa yangmemilikiKeterampilan Penalaran tinggi, secara signifikan
lebih baik hasilnya daripadaketerampilan menulis teks eksplanasi siswa yang
memiliki Keterampilan Penalaran rendah. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh
sebesar 28,03> Ft sebesar 4,01 pada taraf α = 0,05dengan dk pembilang 1 dan dk
penyebut 56; (2) keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yangstatus sosial
ekonomi orang tuanya tinggi, secara signifikan lebih baik hasilnyadaripada
keterampilan menulis siswa yang status sosial ekonomi orang tuanyarendah. Hal
ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 7,50> Ft sebesar 4,01 padataraf α =
0,05 dengan dk pembing 1 dan dk penyebut 56; dan (3) ada interaksi
yangsignifikan antara Keterampilan Penalaran dan status sosial ekonimi orang tua
dalammempengaruhi keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Hal ini terlihat
pada perolehan hasil Fhsebesar 7,27> Ft sebesar 4,01 pada taraf α = 0,05 dengan
dk pembing 1 dan dkpenyebut 56. Hasil penelitian ini memperkuat teori bahwa
keterampilan penalaran terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa, serta status sosial ekonomi orang tua
siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.71 Sar p
Keywords: Keterampilan Penalaran, Teks Eksplanasi, Status Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:19
Last Modified: 19 Sep 2019 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36070

Actions (login required)

View Item
View Item