Sitompul, Ivandi (2019) UJI EFEKTIVITAS BUKU EKOLOGI DAN LINGKUNGAN BERBASIS LITERASI SAINS DAN POTENSI LOKAL SUMATERA UTARA DI SMA SWASTA MARKUS MEDAN DAN SMA SWASTA FREE METHODIST MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156174010 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 8156174010 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156174010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
4. NIM 8156174010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 8156174010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM 8156174010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 8156174010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 8156174010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 8156174010 BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 8156174010 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 8156174010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)Efektivitas pembelajaran dengan
menggunakan buku Ekologi dan lingkungan berbasis literasi sains dan potensi lokal Sumatera
Utara di kelas X SMA Markus dan SMA Free Methodist. (2)Hasil belajar literasi sains siswa
yang menggunakan buku ekologi dan lingkungan berbasis literasi sains dan potensi lokal
Sumatera Utara dan siswa yang menggunakan buku paket di kelas X SMA Markus dan SMA
Free Methodist. Model penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian
sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-1 dibelajarkan
dengan media pembelajaran Buku Paket Siswa, dan kelas X-2 dibelajarkan dengan media
pembelajaran Buku Ekologi dan Lingkungan Berbasis Literasi Sains dan Potensi Lokal
Sumatera Utara. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan literasi sains
siswa dengan menggunakan essay test, pilihan berganda dan lembar observasi. Teknik
analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22.0.
Hasil penelitian di SMA Markus dan SMA Free Methodist menunjukkan ada perbedaan yang
signifikan Efektivitas buku dan hasil belajar literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan
media pembelajaran Buku Ekologi dan Lingkungan Berbasis Literasi Sains dan Potensi Lokal
Sumatera Utara (N-gain = 0,65) dan (̅± SD = 79,86 ± 4,21 ) dengan Buku Paket Siswa (Ngain = 0,4 ) dan (̅± SD = 68,01 ± 5,71), hasil uji t diperoleh (thit = 10,456; P = 0,00). Sebagai
tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menggunakan Buku
Ekologi dan Lingkungan BerbasisLiterasi Sains dan Potensi Lokal Sumatera utara dalam
upaya meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577 Sit u |
Keywords: | Buku Ekologi dan Lingkungan Berbasis Literasi Sains dan Potensi Lokal Sumatera Utara, Buku Paket Siswa, Efektivitas, Hasil Belajar Literasi Sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 06:25 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36036 |