Nur'aini (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK KARBOHIDRAT UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176141006 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 8176141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
3. NIM. 8176141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM. 8176141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
5. NIM. 8176141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6. NIM. 8176141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8176141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8176141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8176141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
13. NIM. 8176141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 8176141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media
pembelajaran yang digunakan di Program Studi Agroteknologi pada topik
karbohidrat berdasarkan standar SNPT terintegrasi media komputer interaktif dan
Problem Based Learning (PBL), untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia
yang telah dikembangkan menggunakan Lectora Inspire Terintegrasi PBL pada
topik karbohidrat berdasarkan standard kelayakan yang sama, untuk mengetahui
perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang dibelajarkan
menggunakan multimedia pada topik karbohidrat yang telah dikembangkan
dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang
dibelajarkan menggunakan media pembelajaran yang digunakan di Program studi
Agroteknologi, dan untuk mengetahui hubungan positif antara motivasi dengan
peningkatan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode
Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa semester II yang mengambil mata kuliah biokimia di
Program Studi Agroteknologi UMA. Sampel mahasiswa dalam penelitian ini
diambil secara total sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 orang.
Pengembangan multimedia lectora inspire terintegrasi PBL diterapkan di kelas
eksperimen II dan media pembelajaran yang beredar Program Studi
Agroteknologi terintegrasi PBL diterapkan di kelas eksperimen II. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang digunakan di prodi
Agroteknologi pada topik karbohidrat layak digunakan tapi perlu dikembangkan;
(2) multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Lectora
Inspire terintegrasi PBL pada topik karbohidrat sangat layak digunakan
berdasarkan standar SNPT terintegrasi media komputer interaktif dan PBL (3,75;
3,48; dan 3,38); (3) peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen I berbeda
dengan kelas eksperimen II (0,74 > 0,64); (4) motivasi belajar mahasiswa di kelas
eksperimen I berbeda dengan kelas eksperimen II (83,53 > 66,50); (5) terdapat
hubungan positif antara motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar
mahasiswa pada topik karbohidrat, dimana hubungan di kelas eksperimen I
(r = 0,481) lebih baik daripada di kelas eksperimen II (r = 0.420).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.7 Nur p |
Keywords: | agroteknologi, karbohidrat, lectora inspire, multimedia, problem based learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 10:23 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36032 |