Handayani, Fitri (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KEJUJURAN SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175006COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8166175006PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 8166175006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 8166175006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 8166175006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8166175006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 8166175006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8166175006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 8166175006 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8166175006 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8166175006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif
berbasis budaya Aceh dan mengetahui peningkatan keterampilan generik sains
dan kejujuran siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran melalui model
pembelajaran kooperatif berbasis budaya Aceh. Penelitian ini merupakan
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi
tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di
sekolah SMA Negeri 1 Kutacane dengan populasi sebanyak 37 siswa di kelas XII
IPA-Inti2. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi
perangkat pembelajaran yaitu lembar validasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), lembar validasi Lembar Kegiatan Siswa (LKS), lembar
validasi instrumen keterampilan generik sains dan kejujuran siswa. Aspek budaya
Aceh di integrasikan ke dalam fase-fase model kooperatif. Kegiatan diskusi siswa
dilakukan dengan pola interaksi budaya Aceh yaitu bermusyawarah dalam
menyelesaikan masalah yang diangkat dan ilustrasi budaya Aceh. Hasil penelitian
perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya
Aceh telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Keterampilan generik
sains siswa berdasarkan analisis dengan uji N-gain pada pertemuan I hingga
Pertemuan IV dari katagori rendah ke katagori sedang. Dan terdapat peningkatan
kejujuran siswa setelah menerapkan perangkat pembelajaran fisika dengan model
pembelajaran kooperatif berbasis budaya Aceh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Han p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika, Kooperatif Berbasis Budaya Aceh, Keterampilan Generik Sains, Kejujuran Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:49 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36001 |