Hidayati, Faury (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175005 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8166175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
3. NIM. 8166175005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 8166175005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
5. NIM. 8166175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 8166175005 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 8166175005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 8166175005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 8166175005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (935kB) | Preview
13. NIM. 8166175005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 8166175005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk budaya Melayu yang
berjalan dalam masyarakat dan sesuai dengan konsep dan teori fisika; untuk
mendeskripsikan validitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran fisika dengan
model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu; dan untuk menganalisis
peningkatan keterampilan generik sains dan kemandirian belajar siswa dengan
menerapkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran
kooperatif berbasis budaya Melayu. Penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define,
design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan
pengujian terbatas. Perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan berupa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), instrumen
keterampilan generik sains dan angket kemandirian belajar siswa. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA II MAN 2 Tanjung Pura. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk budaya Melayu yang berjalan
dalam masyarakat dan sesuai dengan konsep dan teori fisika antara lain: gasing
sejalan dengan materi gerak melingkar dan momen gaya; ketapel sejalan dengan
materi sifat elastisitas bahan; dan meriam bambu sejalan dengan materi tekanan
gas; perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif
berbasis budaya Melayu telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Terdapat
peningkatan keterampilan generik sains dan kemandirian belajar siswa dengan
kategori sedang setelah menerapkan perangkat pembelajaran fisika dengan model
pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Hid p |
Keywords: | Riset Pengembangan, Model Pembelajaran Kooperatif, Budaya Melayu, Keterampilan Generik Sains, Kemandirian Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:44 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36000 |