Yusnina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8166122026 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2.NIM. 8166122026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
3.NIM. 8166122026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 8166122026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8166122026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
6. NIM. 8166122026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7.NIM. 8166122026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 8166122026 BAB I.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
12. NIM. 8166122026 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM. 8166122026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanahasil belajar
Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran
STAD dan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) Bagaimanahasil belajar Matematika antara
siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih dan hasil belajar siswa yang
memiliki gaya belajar visual , (3) Apakah terdapat interaksi antaraModel
Pembelajaran (STAD dan Inkuiri Terbimbing) dan Gaya Belajar dalam
mempengaruhi hasil belajar Matematika.
Penelitianinidilakukan diSMA Negeri 5 Tanjungbalaidanpopulasi
sebanyak 129 siswa. Untuk sampel penelitian adalah 66 siswa yaitu 34 siswa di
kelas eksperimen dan 32 siswa dikelas kontrol. Metode penelitian dengan
menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis
data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengantarafsignifikan α = 0.05 dan
dilanjutkan dengan UjiSccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Matematika siswa yang
diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD lebih tinggi bila
dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, hal ini ditunjukkan oleh
nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 4.19> Ftabel 3.96; (2) hasil belajar
Matematika siswa yang memiliki Gaya Belajar Kinestetik lebih tinggi
dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Gaya Belajar Visual rendah
dengan nilai Fhitung = 3.97> Ftabel = 3.96; (3) terdapat interaksi antara Model
Pembelajaran dan Gaya Belajardalam memengaruhi hasil belajar Matematika
dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 4.01>
Ftabel = 3.96) pada taraf signifikansi 0.05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran STAD lebih
baik dari pada Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil
belajar Matematika siswa. Siswa yang memiliki Gaya Belajar Kinestetik
memperoleh hasil belajar Matematika lebih tinggi daripada siswa yang memiliki
Gaya Belajar Visual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Yus p |
Keywords: | Model Pembelajaran,Gaya belajar, Hasil belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 03:13 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35983 |