Sari, Yuli Novita (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK TEKS EKSPOSISI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166191020 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 8166191020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 8166191020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM. 8166191020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 8166191020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 8166191020 TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. NIM. 8166191020 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 8166191020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 8166191020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. NIM. 8166191020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
14. NIM. 8166191020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
15. NIM. 8166191020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran dan instrumen penilaian yang diberikan belum
berorientasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS pada siswa kelas X
SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah; mendeskripsikan bagaimana kelayakan
Perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS, dan mendeskripsikan
hasil belajar siswa dengan menggunakan Perangkat penilaian autentik teks
eksposisi berbasis HOTS. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Borg
& Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat
penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS didasarkan penelitian dan
pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal,
validasi desain dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa serta
siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba
lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan; (2) persentase
rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli desain adalah 81% dengan
kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil validasi ahli
evaluasi untuk instrumen bentuk uraian adalah 95,7%, untuk instrumen pilihan
ganda adalah 94%, dan untuk instrumen psikomotor adalah 86,83%. Seluruh
penilaian ahli evaluasi berada pada kriteria “sangat baik”. Hasil respon guru
memiliki total presentase rata-rata 88% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil
respon siswa dinyatakan layak dan memenuhi kebutuhan dengan kriteria
keseluruhan “sangat baik”; dan (3) keefektifan perangkat penilaian autentik teks
eksposisi berbasis HOTS diperoleh rata-rata 81,2. Disimpulkan bahwa
kemampuan siswa mengalami kenaikan yang signifikan tinggi dan mencapai
KKM sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.711 Sar p |
Keywords: | Penilaian Autentik, Teks Eksposisi, Higher Order Thinking Skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 08:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35969 |