Arifin, Nisydanul (2019) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146142025 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 NIM. 8146142025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3 NIM. 8146142025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4 NIM. 8146142025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM. 8146142025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6 NIM. 8146142025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7 NIM. 8146142025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8 NIM. 8146142025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9 NIM. 8146142025 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13 NIM. 8146142025 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14 NIM. 8146142025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem
based learning (PBL) dengan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3)
terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMA pada
materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Taman Siswa
Lubuk Pakam. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposive.
Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrument tes berupa soal essay
untuk mengetahui hasil belajar dan instrument non-test berupa lembar observasi
untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data
menggunakan uji-t dan uji korelasi dengan program SPSS 21 For Windows pada
taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar
kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL)
dengan Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) lebih efektif
dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem
Based Learning (PBL) tanpa Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3);
(2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL
dengan metode PS3 lebih efektif dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa
yang dibelajarkan menggunakan PBL tanpa metode PS3; (3) Ada korelasi positif
antara hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan
menggunakan PBL dengan Metode PS3; dan (4) Kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal dengan menerapkan PS3 memiliki kriteria: kemampuan
menganalisa soal sebesar 94,00% kategori sangat tinggi, kemampuan membuat
rencana penyelesaian soal sebesar 78,89% kategori tinggi, kemampuan
menyelesaikan soal sebesar 61,67% kategori sedang, dan kemampuan
menginterpretasi (memeriksa) kembali sebesar 62,33% kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.711 Ari e |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Penyelesaian Soal Secara Sistematis PS3, Keterampilan Berpikir Kritis, Sifat Koligatif Larutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 04:07 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35933 |