Dongoran, Misahradarsi (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNPURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM 8136174020 Cover.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM 8136174020 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM 8136174020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM 8136174020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 8136174020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
6. NIM 8136174020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 8136174020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM 8136174020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 8136174020 BAB I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM 8136174020 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 8136174020Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based
learning dan discovery learning terhadap hasil belajar IPA biologi, keterampilan
proses sains dan sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangun purba pada
materi pokok sistem pencernaan. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan
pretes-postes control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP negeri 1 Bangun purba tahun pembelajaran 2015/2016 yang
terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu
kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran project based learning,
kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran discovery learning dan
kelas eksperimen 3 menggunakan model pembelajaran konvensional. Total
sampel adalah 99 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
tes dan angket sikap ilmiah. Hasil belajar, keterampilan proses sains dan sikap
ilmiah dianalisis dengan teknik analisis kovariat (Anacova) dan uji lanjut Tukey’s
dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan model project based learning,
discovery learning dan konvensional terhadap hasil belajar IPA biologi (F =
20,227 ; P = 0,000), terhadap keterampilan poses sains ( F = 6,04 ; P = 0,016) dan
terhadap sikap ilmiah ( F = 27,280 ; P = 0,000). Nilai rata-rata postes hasil belajar
IPA biologi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran project based learning lebih baik/tinggi dibandingkan
dengan model pembelajaran discovery learning dan konvensional.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 570.71 Don p |
Keywords: | project based learning, discovery learning, hasil belajar, keterampilan proses sains, sikap ilmiah siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 03:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35929 |