Hasanah, Mar'atun (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LITERASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 014727 PERUPUK. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
9. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
10. Bab I.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
14. Bab V.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) hasil PISA pada tahun 2015 kompetensi
membaca siswa Indonesia belum menunjukkan peningkatan yang memperoleh
poin 397 dari tahun 2012 yang memperoleh poin 396 (2) studi pendahuluan yang
dilakukan di SD Negeri 014727 Perupuk bahwa pada bahan ajar pada subtema
“Bangga terhadap daerah tempat tinggalku” tidak sesuai dengan daerah tempat
tinggal siswa. Isi pembelajaran pada kompetensi tersebut bermuatan kearifan
nasional dan tidak mengangkat kearifan lokal. Bahan ajar yang digunakan adalah
bahan ajar yang diperoleh dari para penyalur buku yang sering datang ke sekolah
dan tidak dikembangkan sendiri sehingga hal ini berdampak pada tidak
relevannya materi yang disajikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) proses pengembangan bahan ajar
membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa
Indonesia di SD Negeri 014727 Perupuk, (2) kelayakan bahan ajar membaca
berbasis literasi bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Indonesia di
SD Negeri 014727 Perupuk dan (3) keefektifan bahan ajar membaca berbasis
literasi bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD
Negeri 014727 Perupuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian ini
adalah lembar validasi dan tes keterampilan membaca. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 014727 Perupuk yang berjumlah 20 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar
membaca meliputi 5 langkah yaitu: analysis (analisis), design (perancangan),
development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation
(penilaian), (2) bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal
layak digunakan, (3) bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan
lokal efektif digunakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Has p |
Keywords: | Bahan Ajar, Membaca, Literasi, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:11 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35914 |