Hayati, Syafita Sri (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MEDIA BONEKA PADA SUB TEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA T.P 2018/2019. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166181037 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8166181037 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 8166181037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 8166181037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 8166181037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8166181037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 8166181037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 8166181037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. NIM. 8166181037 BAB V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. NIM. 8166181037DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran
tematis berbasis media boneka pada subtema Hebatnya Cita-Citaku. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang
digunakan adalah model prototipe yang telah dikembangkan Nieveen yang terdiri
dari penelitian pendahuluan, tahap prototyping, dan tahap penilaian. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104258 Pematang Biara yang berjumlah
37 orang dan objek penelitian adalah model pembelajaran tematik berbasis media.
Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, observasi, angket siswa dan tes
hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran yang
dikembangkan sudah valid untuk digunakan. (2) model pembelajaran yang
dikembangkan dinilai efektif dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal. (3)
adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa setelah tes diberikan
pada uji coba I sebesar 78,81% dan uji coba II sebesar 90,49% sehingga dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik yang dikembangkan dinyatakan
layak dan efektif. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan model
pembelajaran tematik berbasis media boneka sebagai alternatif model
pembelajaran tematik di kelas.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 372.5 Hay p |
Keywords: | Pembelajaran tematik, media boneka. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:03 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35913 |