Utami, Dian Sriwahyu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUB TEMA BEKERJA SAMA PADA SISWAKELAS VI SD NEGERI 010063 SEI RENGGAS KABUPATEN ASAHAN T.A 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182047 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8146182047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. NIM. 8146182047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM. 8146182047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM. 8146182047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 8146182047 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM. 8146182047 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 8146182047 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 8146182047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
13. NIM. 8146182047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. NIM. 8146182047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil
belajar sub tema bekerja sama siswa akibat pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning dan Keterampilan Sosial dan pada materi pokok nilai –
nilai kerjasama tahun ajaran 2018/2019.Penelitian ini termasuk jenis penelitian
quasi eksperimen dengan desain two group pre-tes dan post-tes. Populasinya
adalah seluruh siswa SD Negeri 010063 Sei Renggas Kabupaten Asahan Tahun
Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 87 orang siswa yang terdistribusi dalam 3
kelas yaitu kelas VI-1 berjumlah 30 orang siswa, VI-2 berjumlah 29 orang siswa
dan VI-3 berjumlah 28 orang siswa. Dari ketiga kelas VI disekolah tersebut,
sampel penelitian diambil dari 2 (dua) kelas yaitu kelas VI-2 dan VI-3. Nilai rata –
rata pretes sub tema bekerja sama kelas kontrol yaitu 50,2 dan kelas eksperimen
yaitu 48,9. Diperoleh normalitas kolmogrov-smirnov*a (Lhitung) sebesar 0,113
dengan signifikansi sebesar 0,200 (Ltabel = 0,117, α = 0,05). Data ini menunjukkan
bahwa dari pengujian normalitas kolmogorov-smironov diperoleh Lhitung (0,113) <
Ltabel (0,117) serta nilai sig. 0,200 > 0,05, artinya kelas kontrol berdistribusi
normal. Sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh nilai kolmogrov-smirnov*a
(Lhitung) sebesar 0,112 dengan signifikansi sebesar 0,200 (Ltabel = 0,117, α =
0,05). Data ini menunjukkan bahwa dari pengujian normalitas kolmogorovsmironv diperoleh Lhitung (0,112) < Ltabel (0,117) serta nilai sig. 0,200 > 0,05,
artinya kelas eksperimen berdistribusi normal. Dari data tersebut dapat
disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar sub tema
bekerja sama siswa di kelas VI SD 010063 Sei Renggas. Dengan kata lain bahwa
model pembelajaran Problem Based Learning lebih berpengaruh dari pada model
pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar sub tema bekerja sama
siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Uta p |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keterampilan Sosial, dan Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 07:54 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35912 |