Undari, Siska Nova (2019) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GOBAG SODOR UNTUK MENARIK MINAT SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156117024 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 8156117024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8156117024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 8156117024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 8156117024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 8156117024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 8156117024 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 8156117024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 8156117024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 8156117024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 8156117024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan produk yang berupa model permainan gobag sodor yang dimodifikasi
peratuaran permainannya. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Sekolah Dasar
Negeri Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Delisedang-Sumatera Utara. Subjek atau
pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan model permainan
tradisional gobag sodor untuk menarik minat siswa pada anak SD kelas V. Subjek
atau pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan model
permainan tradisional gobag sodor untuk menarik minat siswa pada anak SD kelas V.
Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
104250 Pantai Labu dengan jumlah 12 orang siswa yang mempunyai karakteristik
rentang usia 10-12 tahun. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini
berjumlah 2 Sekolah Dasar kelas V di Kecamatan Pantai Labu dengan jumlah siswa
yang setiap sekolah berjumlah 24 siswa. Sehingga keseluruhan jumlah subjek pada
kelompok besar yaitu 48 siswa.
Hasil analisis data dari evaluasi ahli, didapat rata-rata penilaian pada uji skala
kecil (kelompok kecil) 73,78%. Diperoleh juga rata-rata pada ahli I 3,53, pada ahli II
3,73 dan pada ahli III 3,80. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka produk
permainan gobag sodor ini telah memenuhi kriteria baik sehingga dapat digunakan
untuk menarik minat permainan gobag sodor siswa SD.
Data uji coba kelompok kecil dihimpun dengan menggunakan kuesioner.
Berdasarkan data yang diperoleh dalam uji kelompok kecil. Siswa cenderung aktif
bergerak dalam melakukan permainan gobag sodor. Data hasil kuesioner yang diisi
para siswa diperoleh presentase jawaban yang sesuai dengan aspek yang dinilai
sebesar 75,46%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka model
pengembangan permainan gobag sodor ini memenuhi kriteria “Baik” atau “Layak”
sehingga dapat digunakan untuk uji kelompok besar.
Data uji coba kelompok besar dihimpun dengan menggunakan kuesioner.
Berdasar data pada hasil kuesioner yang diisi para siswa diperoleh presentase
jawaban yang sesuai dengan aspek yang dinilai sebesar 84,09%. Berdasarkan kriteria
yang telah ditentukan maka model pengembangan permainan gobag sodor ini
memenuhi kriteria “Baik” atau “Layak” sehingga dapat digunakan dalam
pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.05 Und p |
Keywords: | Permainan Tradisional, Gobag Sodor, Minat, |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1060.5 Track and field athletics G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 07:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35909 |