PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATE MATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Sitepu, Rina Ananta S (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATE MATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166171035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166171035 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166171035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (940kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166171035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166171035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166171035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166171035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166171035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166171035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166171035 TABLES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166171035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166171035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166171035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM.  8166171035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12.NIM. 8166171035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166171035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran
berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik, (2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik, (3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran berbasis
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik, dan (4) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan dick and carey. Dimana tahapan
penelitian ini terdiri dari 10 tahapan. Dalam penelitian ini disusun perangkat
pembelajaran dan instrumen yaitu: RPP, LKPD, buku petunjuk guru, buku peserta
didik, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Uji coba dilakukan
pada peserta didik kelas X IPA sebanyak 26 orang dan X IPS sebanyak 26 orang
di SMA Palapa Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validitas
perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid; (2) Perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu perangkat pembelajaran terlaksana
dengan sangat baik, peserta didik memberi respon positif terhadap perangkat
pembelajaran, dan guru memberi respon baik terhadap perangkat pembelajaran;
(3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketercapaian klasikal
mencapai 96,15%, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh
rata-rata 4,24 berkategori baik dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan
waktu pembelajaran biasa; dan (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis dilihat dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah
matematis sebesar 13,07 poin, peningkatan ketercapain klasikal sebesar19,23%,
dan peningkatan rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah
matematis untuk keempat indikator yaitu masing-masing sebesar 5,38; 13,06;
18,75; dan 22,84 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.71 Sit p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran penemuan Terbimbing, Pemecahan MasalahMatematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:18
Last Modified: 02 Sep 2019 05:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35904

Actions (login required)

View Item
View Item