Sitepu, Rina Ananta S (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATE MATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171035 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 8166171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (940kB) | Preview
3. NIM. 8166171035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 8166171035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8166171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 8166171035 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 8166171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 8166171035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12.NIM. 8166171035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM. 8166171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran
berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik, (2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik, (3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran berbasis
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik, dan (4) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah
dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan dick and carey. Dimana tahapan
penelitian ini terdiri dari 10 tahapan. Dalam penelitian ini disusun perangkat
pembelajaran dan instrumen yaitu: RPP, LKPD, buku petunjuk guru, buku peserta
didik, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Uji coba dilakukan
pada peserta didik kelas X IPA sebanyak 26 orang dan X IPS sebanyak 26 orang
di SMA Palapa Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validitas
perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid; (2) Perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu perangkat pembelajaran terlaksana
dengan sangat baik, peserta didik memberi respon positif terhadap perangkat
pembelajaran, dan guru memberi respon baik terhadap perangkat pembelajaran;
(3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketercapaian klasikal
mencapai 96,15%, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh
rata-rata 4,24 berkategori baik dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan
waktu pembelajaran biasa; dan (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis dilihat dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah
matematis sebesar 13,07 poin, peningkatan ketercapain klasikal sebesar19,23%,
dan peningkatan rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah
matematis untuk keempat indikator yaitu masing-masing sebesar 5,38; 13,06;
18,75; dan 22,84 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Sit p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran penemuan Terbimbing, Pemecahan MasalahMatematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:18 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35904 |