PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DANSELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 PAGARAN

Simamora, Rustam E (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DANSELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 PAGARAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166172058 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166172058 Cover.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166172058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166172058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166172058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166172058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166172058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166172058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166172058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166172058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166172058 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166172058 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166172058  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166172058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166172058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166172058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166172058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166172058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166172058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166172058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
berkualitas yang dikembangkan berdasarkan model Pembelajaran Penemuan
Terbimbing dengan Konteks Budaya Batak Toba (PPT-KBBT) untuk kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Pagaran; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan
perangkat PPT-KBBT; 3) Menganalisis peningkatan self-efficacy matematis siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat PPT-KBBT; 4) Menganalisis
kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan
Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D). Uji coba perangkat PPT-KBBT
dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji
coba yang pertama (Uji Coba 1) dilakukan di kelas XI IPA 2 dan uji coba yang
kedua (Uji Coba 2) dilakukan di kelas XI IPA 3. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
Perangkat PPT-KBBT yang berkualitas diperoleh pada Uji Coba 2; 2)
Kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibelajarkan dengan
menggunakan perangkat PPT-KBBT meningkat signifikan pada Uji Coba 2; 3)
Self-efficacy Matematis siswa yang dibelajarkan dengan perangkat PPT-KBBT
meningkat signifikan pada Uji Coba 2; 4) Ditinjau dari Newman Error Analysis,
kesalahan siswa pada aspek pemahaman 33,33 %; aspek transformasi 22,76 %;
aspek keterampilan proses 20,33 %; dan aspek kemampuan mengkoding 23,58 %.
Pada aspek kemampuan membaca, siswa tidak menunjukkan kesulitan atau
kesalahan. Kesalahan matematis siswa terjadi oleh karena siswa tidak dapat
menyerap informasi dengan baik, siswa tidak terbiasa menuliskan rencana
penyelesaian masalah dengan menggunakan kata-kata sendiri, kurangnya
pengalaman siswa berhadapan dengan masalah matematis, kurangnya penguasaan
atas materi prasyarat, dan ketidaktelitian siswa dalam melakukan perhitungan dan
menyimpulkan solusi dari masalah matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.71 Rus p
Keywords: etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, penemuan terbimbing, self-efficacy matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:27
Last Modified: 02 Sep 2019 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35898

Actions (login required)

View Item
View Item