Simamora, Rustam E (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DANSELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 PAGARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172058 Cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8166172058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8166172058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 8166172058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8166172058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM. 8166172058 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8166172058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 8166172058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166172058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM. 8166172058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
berkualitas yang dikembangkan berdasarkan model Pembelajaran Penemuan
Terbimbing dengan Konteks Budaya Batak Toba (PPT-KBBT) untuk kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Pagaran; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan
perangkat PPT-KBBT; 3) Menganalisis peningkatan self-efficacy matematis siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat PPT-KBBT; 4) Menganalisis
kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan
Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D). Uji coba perangkat PPT-KBBT
dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji
coba yang pertama (Uji Coba 1) dilakukan di kelas XI IPA 2 dan uji coba yang
kedua (Uji Coba 2) dilakukan di kelas XI IPA 3. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
Perangkat PPT-KBBT yang berkualitas diperoleh pada Uji Coba 2; 2)
Kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibelajarkan dengan
menggunakan perangkat PPT-KBBT meningkat signifikan pada Uji Coba 2; 3)
Self-efficacy Matematis siswa yang dibelajarkan dengan perangkat PPT-KBBT
meningkat signifikan pada Uji Coba 2; 4) Ditinjau dari Newman Error Analysis,
kesalahan siswa pada aspek pemahaman 33,33 %; aspek transformasi 22,76 %;
aspek keterampilan proses 20,33 %; dan aspek kemampuan mengkoding 23,58 %.
Pada aspek kemampuan membaca, siswa tidak menunjukkan kesulitan atau
kesalahan. Kesalahan matematis siswa terjadi oleh karena siswa tidak dapat
menyerap informasi dengan baik, siswa tidak terbiasa menuliskan rencana
penyelesaian masalah dengan menggunakan kata-kata sendiri, kurangnya
pengalaman siswa berhadapan dengan masalah matematis, kurangnya penguasaan
atas materi prasyarat, dan ketidaktelitian siswa dalam melakukan perhitungan dan
menyimpulkan solusi dari masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Rus p |
Keywords: | etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, penemuan terbimbing, self-efficacy matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:27 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35898 |