Putri, Shulha Kyananda (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTIVASI SISWA SMP NEGERI 2 PULO BANDRING. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172060 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
1. NIM 8166172060 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3. NIM 8166172060 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 8166172060 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM 8166172060 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 8166172060 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM 8166172060 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM 8166172060 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166172060 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM 8166172060 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR terhadap kemampuan spasial
siswa SMPN 2 Pulo Bandring, (2) keefektifan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berbasis PMR terhadap motivasi siswa SMPN 2 Pulo Bandring,
(3) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajar dengan menggunakan
perangkat pembelajaran berbasis PMR di SMPN 2 Pulo Bandring, (4) motivasi
siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang telah
dikembangkan di SMPN 2 Pulo Bandring. Peneliti mengembangkan perangkat
pembelajaran berupa buku siswa, RPP dan LKS matematika berbasis PMR
dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Validasi perangkat
pembelajaran yang dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang praktisi
memperoleh nilai rata-rata total validitas adalah 4,43 dengan kriteria valid.
perangkat pembelajaran berbasis PMR dalam meningkatkan kemampuan spasial
dan motivasi siswa SMPN 2 Pulo Bandring yang dikembangkan adalah efektif.
Berdasarkan hasil tes kemampuan spasial pada uji coba I dan uji coba II diperoleh
bahwa adanya peningkatan kemampuan spasial siswa yaitu sebesar 3,19.
Berdasarkan hasil tes motivasi siswa pada uji coba I dan uji coba II diperoleh
bahwa adanya peningkatan motivasi siswa yaitu sebesar 5,51.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Put p |
Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Spasial dan Motivasi Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35896 |