Sitorus, Haji Hamidun (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar, Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156174007 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 8156174007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
3. NIM. 8156174007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 8156174007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 8156174007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8156174007 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 8156174007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156174007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 8156174007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM. 8156174007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM. 8156174007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Hasil belajar; (2) Berfikir kritis; dan (3) Sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII1 dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing (Guided Inquiry), kelas VII2 dibelajarkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (Modified Free Inquiry) dan kelas VII3 dengan model konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan berfikir kritis dalam bentuk pilihan ganda serta angket sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Hasil belajar. Pada hasil belajar, siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata 78,27) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65,47) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 50,13); (2) Berfikir kritis. Pada berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata79,33) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65,50) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 44,83); (3) Sikap ilmiah. Pada sikap ilmiah siswa yang dijarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata 77,60) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 63,80) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 48,27). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) ataupun inkuiri bebas termodifikasi (modified free inquiry) pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan hasil belajar, berfikir Kritis dan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Sit p |
Keywords: | Guided Inquiry; Modified Free Inquiry; Conventional learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 03:22 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35597 |