Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar, Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan

Sitorus, Haji Hamidun (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar, Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156174007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156174007 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156174007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156174007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156174007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156174007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156174007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156174007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156174007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156174007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156174007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156174007 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156174007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156174007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156174007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156174007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156174007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156174007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156174007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156174007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156174007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156174007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Hasil belajar; (2) Berfikir kritis; dan (3) Sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII1 dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing (Guided Inquiry), kelas VII2 dibelajarkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (Modified Free Inquiry) dan kelas VII3 dengan model konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan berfikir kritis dalam bentuk pilihan ganda serta angket sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Hasil belajar. Pada hasil belajar, siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata 78,27) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65,47) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 50,13); (2) Berfikir kritis. Pada berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata79,33) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65,50) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 44,83); (3) Sikap ilmiah. Pada sikap ilmiah siswa yang dijarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata 77,60) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 63,80) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 48,27). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) ataupun inkuiri bebas termodifikasi (modified free inquiry) pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan hasil belajar, berfikir Kritis dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Sit p
Keywords: Guided Inquiry; Modified Free Inquiry; Conventional learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Jul 2019 03:22
Last Modified: 20 Jul 2019 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35597

Actions (login required)

View Item
View Item