PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS LITERASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

Baros, Wan Anisa Maulidya (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS LITERASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156192030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156192030 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156192030 APPROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156192030 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156192030 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156192030 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156192030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156192030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156192030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156192030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156192030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156192030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156192030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156192030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156192030 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156192030 BAB I.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156192030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156192030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156192030 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156192030 BAB V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156192030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156192030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi itu rendah diketahui dari
bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa berdasarkan buku teks saja, buku
tersebut merupakan satu-satunya sumber informasi untuk pembelajaran. Semua
pembelajaran materi menulis dan catatan untuk siswa semuanya bersumber dari
buku teks. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di
sekolah belum mampu memenuhi kriteria tersebut. Isi buku paket bahasa
Indonesia belum mendeskripsikan secara komprehensif isi silabus
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg & Gall
(dalam Sugiyono 2015: 408) menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan
(Research and Development/R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan
untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk diperuntukan dalam
pendidikan dan pembelajaran.Penelitian pengembangan menurut Sugiyono terdiri
dari sepuluh langkah prosedur pengembangan, yang mencakup aspek (1) Potensi
Masalah, (2) Desain Produk, (3) Validasi Desain, (4) Perbaikan Desain, (5) Uji
Coba Produk, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Pemakaian, (8) Revisi Produk, dan
(9) Pembuatan Secara Massa.
Rata-rata nilai siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum
menggunakan bahan ajar yang dikembangkan sebesar 52,33 sedangkan perolehan
rata-rata setelah menggunakan bahan ajar 75,56. Hal ini membuktikan bahwa
hasil belajar siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi meningkat
dengan selisih nilai 23,33 dan produk bahan ajar berbentuk modul berbasis literasi
efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi menulis teks laporan hasil
observasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.711 Bar p
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Teks laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2019 10:00
Last Modified: 15 Jul 2019 10:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35573

Actions (login required)

View Item
View Item