Turnip, Jaidun (2012) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AUTOCAD SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.
809225010 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
809225010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
809225010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
809225010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
809225010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
809225010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
809225010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
809225010 BAB I.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
809225010 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
809225010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini, dilakukan pada pembelajaran Autocad kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Stabat, bertujuan untuk mencapai : (1) Meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran autocad siswa kelas X kompetensi teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Stabat, (2) Menerapkan model quatum learning untuk perbaikan pembelajaran autocad siswa kelas X kompetensi teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Stabat, (3) Menumbuhkan respon positif terhadap mata pelajaran autocad dengan penerapan model quantum learning pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Stabat? Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 25 September hingga 17 Nopember 2011. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Stabat Jl. K.H Wahid Hasim No 1 Stabat. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian in dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan model pembelajaran quantum learning. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap parameter keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas, penilaian unjuk kerja, dilakukan untuk mengupulkan data peningkatan hasil belajar siswa pada aspek psikomotor dan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keaktifan siswa terhadap model pembelajaran quantum learning yang diterapkan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik deskriftif dan data kualitatif dengan analisis rekaman pembelajaran . Hasil penelitian menunjukkan (1) Dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning baik baik untuk meningkatkan hasil belajar Autocad siswa kelas X Teknik gambar Bagnunan SMK Negeri 1 Stabat. Peningkatan hasil belajar dari 34 orang siswa dalam mencapai ketuntasan terus sangat baik; pada Siklus1(24) siswa yang tuntas belajar 70,59% yang tidak tuntas 10 orang atau 29,41% siklus ke II (27) siswa yang tuntas 79,41% sedangkan yang tidak tuntas 7 orang atau 20,59%, pada Siklus ke 3 (30) siswa yang tuntas 88,24% sedangkan yang tidak tuntas 4 orang atau 11,76%. (2) Dengan menerapkan metode quantum learning baik untuk meningkatkan keaktifan belajar Autocad pada siswa kelas X Teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Stabat. Ini dapat dilihat dari data yang menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan siswa mulai pada Siklus 1 sampai dengan Siklus 3, yaitu rata-rata keaktifan siswa 74.31% pada siklus 1, 81.35% pada siklus 2 dan 83,63%. pada siklus 3, (3) Dengan menerapkan Model Quantum Learning ternyata mendapat respon sangat positif dari siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat terhadap belajar Autocad pada siklus 1 respon siswa 81.53% meningkat menjadi 82.24 % dan 86.15% pada siklus 3 sehingga respon siswa terhadap penerapan quantum learning termasuk kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Tur p |
Keywords: | Belajar; Autocad; Quantum learning; Teknik gambar bangunan |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3557 |