MODEL BIMBINGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA BERPRESTASI RENDAH UNTUK MEWUJUDKAN TEACHING AND GUIDANCE UNIVERSITY DENGAN PENDEKATAN MULTIKULTURAL

Munir, Abdul and Ginting, Rafael Lisinus and Sirait, Albert Pauli (2016) MODEL BIMBINGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA BERPRESTASI RENDAH UNTUK MEWUJUDKAN TEACHING AND GUIDANCE UNIVERSITY DENGAN PENDEKATAN MULTIKULTURAL. Model Bimbingan Akademik Pada Mahasiswa Berprestasi Rendah Untuk Mewujudkan Teaching And Guidance University Dengan Pendekatan Multikultural.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview

Abstract

Sebagaiman yang tergambar dalam Renstra Unimed tahun 2016-2020 yang menyebutkan masih ada 2% dari keseluruhan mahasiswa Unimed yang memiliki kategori IPK 2,0-2.75 (IPK rendah). Di samping itu, lama studi mahasiswa tidak tepat waktu menyelesaikan studinya cukup besar mcncapai 47% dan keseluruhan mahasiswa seangkatannya. Penelitian ini ingin menelusuri faktor yang menjadi penyebab dari permasalahan diatas Di samping itu mencoha untuk mengembangkan suatu model bimbingan akademik dengan pendekatan multikultural
dalam membantu permasalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah melalui metode survey dengan menggunakan instrumen Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDI dan metode pengembangan. Berdasarkan hasil survey diperoleh hasil bahwa permasalahan belajar yang dialami mahasiswa mencakup. (1) penguasaan materi perkuliahan, (2) Keterampilan belajar. (3) sarana belajar. (4) keadaan diri sendiri, dan (5) keadaan lingkungan fisik dan lingkungan sosio-emosional. Dari kelima permasalahan belajar tersebut yang paling besar adalah masalah keterampilan belajar (47,26%). Atas dasar permasalahan tersebut, selanjutnya dikembangkan suatu model bimbmgan akademik dengan menggunakan pendekatan multikultural yang dapat berkontribusi membantu permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Hasil yang diperoleh dari penilaian ahli terhadap model bimbingan akademik dengan pendekatan multikultural yang dikembangkan, menyatakan penilaian "sangat baik". Di samping itu, berdasarkan Ujicoba lapangan terbatas yang melibatkan 65 orang mahasiswa berprestasi rendah menghasilkan pcenilaian dari mahasiswa dengan kesimpulan "sangat baik". Dengan demikian kesimpulannya adalah model bimbingan akademik dengan pendekatan multikultural dapat, lavak dan tepat digunakan sebagai suatu pendekatan dalam mcmberikan layanan bimbingan akademik kepada mahasiswa

Item Type: Article
Keywords: Bimbingan akademik, multikultural, mahasiswa berprestasi rendah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 May 2019 07:31
Last Modified: 12 Jun 2019 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35429

Actions (login required)

View Item
View Item