HUTABARAT, PANGIHUTAN (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD NEGERI NO.034817 KUTA BABI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya
keterampilan berhitung siswa pada pelajaran Matematika tentang materi operasi hitung bilangan bulat dikelas IV SD Negeri 034817 Kuta Babo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada pelajaran
Matematika tentang materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran STAD.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 034817 Kuta Babo tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 13 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes essay untuk mengetahui keterampilan berhitung siswa pada pelajaran Matematika tentang materi operasi hitung bilangan bulat
Kemampuan berhitung pada siklus nilai rata-rata sebesar 71
dengan ketuntasan klasikal 54% danpada siklus II nilai rata-rata 82 dengan ketuntasan klasikal 85%. Analisis dara rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I diperoleh sebesar 24,62 dan rata-rata aktivitas belajar siswa siklus II diperoleh sebesar 38,58.
Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini terbukti bahwa penerapan model pembelajaran STAD pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 034817Kuta Babo T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 395 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 08:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35179 |