PAKPAHAN, MELPARIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141057 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 7143141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 7143141057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 7143141057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 7143141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 7143141057 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 7143141057 TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 7143141057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 7143141057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM. 7143141057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7143141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning berbasis audioviasual terhadap hasil belajar siswa
ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangaribuan. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Pangaribuan.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive
sampling dengan sampel penelitian kelas X – IPS 1 dan X – IPS 2 masing-masing
dari tiap kelas berjumlah 30 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan
menggunakan test berupa pilihan ganda dengan perlakukan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning berbasis audiovisual di kelas X-IPS 1
sebagai kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas X-IPS 2 sebagai
kelas kontrol. Uji validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus product
moment dan uji realibilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Kruder-
Richardison 20 (KR 20).
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata post-test siswa kelas
eksperimen 81,5 dengan standar deviasi 9,92 sedangkan nilai rata-rata post-test
kelas kontrol 70,83 dengan standar deviasi 9,38. Berdasarkan uji hipotesis taraf
kepercayaan signifikan 95% dan alpha 5% diperoleh thitung > ttabel atau 4,515 >
1,661 sehingga hasil hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis audiovisual
lebih tinggi dan signifikan dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan
dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem
based learning berbasis audiovisual berpengaruh positif dan signifikan terhadap
hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Ajaran
2017/2018 pada pokok bahasan Bank Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 017 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUDIOVISUAL; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:35 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35145 |