Evaline, Fransisca Putri (2018) HUBUNGAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARATIF OLEH SISWA KELAS X SMA ST. MIKHAEL PANGURURAN SAMOSIR T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133311059 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02. NIM 2133311059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
03. NIM 2133311059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
04. NIM 2133311059 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
05. NIM 2133311059 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
06. NIM 2133311059 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
07. NIM 2133311059 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 2133311059 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 2133311059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 2133311059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 2133311059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis paragraf naratif oleh siswa kelas X SMA St. Mikhael pangururan Samosir. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Mikhael pangururan Samosir Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan sampel berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Dalam penelitian ini data penguasaan kalimat efektif dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda berjumlah 25 soal dengan empat pilihan jawaban dan diberi skor 4 untuk jawaban benar, skor 0 untuk jawaban salah dengan rentang nilai 0-100. Sedangkan data kemampuan menulis paragraf naratif dikumpulkan dengan tes penugasan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, penguasaan kalimat efektif tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ Kedua, kemampuan menulis paragraf naratif tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ . Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif siswa dengan kemampuan menulis paragraf naratif siswa. Besaran korelasinya (rxy=0,68) berada pada rentangan 0,60-0,799 dan tergolong ke dalam kategori kuat. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis paragraf naratif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 087 |
Keywords: | penguasaa, kalimat efektif, menulis, paragraf naratif |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35141 |