SIMBOLON, DAMARIS (2018) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111022_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1141111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 1141111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1141111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1141111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1141111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM. 1141111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 1141111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 1141111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM. 1141111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 1141111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang hubungan penguasaan kosakata terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan penguasaan
kosakata terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 104204
Sambirejo Timur.
Penelitian ini membahas dua variabel yaitu penguasaan kosakata sebagai
variabel bebas dan kemampuan menulis puisi sebagai variabel terikat. Penguasaan
kosakata adalah kemampuan mengenal, memahami, dan menggunakan kata-kata
yang terdapat dalam bahasa dengan tepat baik secara lisan maupun tulisan
sedangkan kemampuan menulis puisi adalah pengungkapan ide/gagasan terhadap
sesuatu yang dialami, dirasakan, didengar, dilihat yang semuanya dituangkan
secara tertulis kedalam puisi.
Teknik penelitian ini dilakuan dengan total sampling sedangkan
instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan penguasaan kosakata
adalah dengan menggunakan tes sedangkan untuk mengukur kemampuan menulis
puisi dengan menggunakan tes hasil kerja.
Untuk tes validitas menggunakan analisis product moment dengan hasil
dari 30 butir soal 25 butir soal dinyatakan valid sedangkan 5 butir soal dinyatakan
tidak valid. Instrumen penelitian juga dinyatakan reliabel dan berdistribusi normal
dimana L0<Ltabel (0,0083<0,1252). Sedangkan untuk menulis puisi diperoleh L0
<Ltabel (0,0745<0,1252) dengan demikian kemampuan menulis puisi dinyatakan
berdistribusi normal. Koefisien korelasi antar dua variabel atau Rxy sebesar 0,797
pada taraf signifikan α=0,05 dan N=48 diperoleh Rxy> rtabel yaitu 0,797> 0, 284
sehingga dinyatakan ada hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan
menulis puisi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, penguasaan
kosakata siswa tergolong sedang dengan (rata-rata = 71,68). Kedua, kemampuan
menulis puisi siswa tergolong sedang dengan (rata-rata =78,2). Ketiga, ada
hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan
kemampuan menulis puisi (Fhtung > Ftabel) dengan nilai Fhitung sebesar 0,797 dengan
nilai determinasi yang diparoleh melalui rumus r²x100% sebesar 63,52% . Ini
berarti 63,52 % kemampuan menulis puisi dipengaruhi oleh penguasaan kosakata
sedangkan 36,48 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 403 |
Keywords: | Penguasaan Kosakata; Kemampuan Menulis Puisi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35128 |