BR PASARIBU, HELMY DAYANTI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMKN 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141032 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7143141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3. NIM. 7143141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 7143141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7143141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 7143141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7143141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7143141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 7143141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 7143141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMKN 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 4 Medan yang berjumlah 234 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan simple random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI KR 1 dan XI KR 2 yang berjumlah 50 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 80 dengan standar deviasi 9,68 dimana nilai varians 93,75. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 73 dengan standar deviasi 10,61 dimana nilai varians 112,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95% diperoleh ttabel sebesar 1,677 dan thitung sebesar 2,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2,29) > ttabel (1,677 ) maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52% daripada hasil belajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,67% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI SMKN 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 023 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN NHT, TGT, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35125 |