YANTI, NOVITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7143341055 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2 NIM. 7143341055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3 NIM. 7143341055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4 NIM. 7143341055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5 NIM. 7143341055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6 NIM. 7143341055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM. 7143341055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8 NIM. 7143341055 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
12 NIM. 7143341055 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13 NIM. 7143341055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran korespondensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model
pembelajaran problem based learning dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran korespondensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan pada
kelas X AP-1 (menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kreativitas siswa)
dan X AP-2 (menggunakan model pembelajaran konvensional dan kreativitas siswa).
Tehknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan simple random sampling
(sampel acak berkelompok). Rancangan penelitian ini adalah menggunakan eksperimen semu
(quasi experiment) yang digunakan untuk menguji hubungan model pembelajaran problem
based learning dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Bentuk design true
experimental dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Instrumen
yang digunakan berupa tes obyektif dengan bentuk soal pilihan berganda dan angket
penelitian yang telah di lakukan uji validitas, reabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran
soal. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu uji normalitas, homogenitas,
regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan melalui uji parsial (uji t), uji simultan (uji F)
dan koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data adapun hubungan model pembelajaran problem based
learning terhadap hasil belajar diperoleh koefisien korelasi rhitung>rtabel sebesar 0,552>0,312
dan kreativitas siswa tehadap hasil belajar diperoleh koefisien korelasi rhitung >rtabel sebesar
0,659>0,312. Yang mana di peroleh hasil bahwa (1) ada hubungan hasil belajar siswa yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini di dasarkan hasil
uji hipotesis dengan nilai post-tes yaitu nilai thitung >ttabel 2,398>1,667 atau thitung<ttabel 0,019
<0,05. (2) ada hubungan hasil belajar siswa dengan kreativitas siswa. Kesimpulan ini
didasarkan hasil uji hipotesis dengan thitung >ttabel 2,126>1,667 atau thitung<ttabel 0,037<0,05.
Dan diperoleh nilai determinasi (R²) = 1,160 dengan kontribusi dari koefisien yang didapat
sebesar 0,916.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara model pembelajaran problem based learning dan kreativitas siswa terhadap
hasil belajar siswa di kelas X AP SMK Swasta Jambi Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 027 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35123 |