NISA, KHOERUN (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141044 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7143141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 7143141044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 7143141044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 7143141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7143141044 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7143141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7143141044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7143141044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 7143141044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 7143141044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi
orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas x
SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 dan IPS-2 yang
berjumlah 72 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
teknik total sampling dimana sampelnya berjumlah 72 orang. Data status sosial
ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah diperoleh dengan menggunakan
angket sedangkan data prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari Daftar
Kumulatif Nilai. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus
Pearson Product Moment dan uji reliabilitas angket diperoleh dengan
menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran dari
hipotesis digunakan rumus analisis regresi berganda, uji parsial/uji-t, uji
simultan/uji F, dan uji koefisien determinasi.
Bedasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.0
diperoleh persamaan Y = 25,816 + 0,571 X1 + 0,167 X2 + e, selanjutnya variabel
status sosial ekonomi orang tua (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara
parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (10,174 >
1,669) dan nilai sig (0,00 < 0,05). Sedangkan lingkungan sekolah (X2) memiliki
pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
dengan nilai thitung > ttabel (2,069>1,669) dan nilai sig (0,042<0,05).Secara bersamasama
status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig < 0,05 atau
0,000 < 0,05. Presentase sumbangan pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan
lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 81,2%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel status sosial ekonomi
orang tua dan lingkungan sekolah berpengaruh postitif dan signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 025 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM706 Social structure L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:11 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35121 |