HASIBUAN, RISMEIDA (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMKS JAMBI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141078 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7143141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. NIM. 7143141078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 7143141078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 7143141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
6. NIM. 7143141078 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7143141078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7143141078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7143141078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. NIM. 7143141078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7143141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Masalah Penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMKS JAMBI Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntasi yang berjumlah 49 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling di mana sampelnya berjumlah 49 orang. Data status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar diperoleh dengan menggunakan angket dan data prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari DKN atau Daftar Kumulatif Nilai.Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus analisis regresi linear berganda, uji t / parsial, uji F / Simultan dan uji Koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,0 diperoleh persamaan Y = 9,549 + 0,378X1 + 0,499X2 + e, selanjutnya variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) memiliki pengaruh yang signifkan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,722 > 1,678) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Sedangkan motivasi belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttable (4,559 > 1,678) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Secara bersama-sama status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 88,0%.
Demikian dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMKS JAMBI Medan T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 026 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM706 Social structure L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:09 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35118 |