Mutiara, Tri (2018) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142141049 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 7142141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM. 7142141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 7142141049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 7142141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM. 714214049 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7142141049 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7142141049 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 7142141049 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM. 7142141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 7142141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara bersama-sama terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan Willem Iskandar Pasar V.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 251 Mahasiswa. Sampel sebanyak 146 dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Sebelum digunakan angket tersebut diui terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil anget kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel bebas (minat menjadi guru dan praktik program pengalaman lapangan (PPL) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Hal ini ditandai dengan dengan thitung > ttabel dimana hasil uji t pada variabel minat menjadi guru (X1) sebesar 2,896 lebih besar dari ttabel sebesar 1,976 dan pada variabel Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 6,487 lebih besar dari ttabel sebesar 1,976, dan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (43,447 > 3,06).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 035 |
Keywords: | Minat menjadi Guru, Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan menjadi Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35076 |