ARUAN, WILDA FITRIA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DAN METODE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111068_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1143111068_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 1143111068_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1143111068_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1143111068_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 1143111068_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1143111068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111068_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143111068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
10. NIM. 1143111068_BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
14. NIM. 1143111068_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
15. NIM. 1143111068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode belajar yang tidak variatif dan cenderung konvensional. Hal ini menyebabkan kegiatan belajar dikelas kurang menyenangkan. Motivasi untuk mengeruk ilmu setiap harinya tidak lagi menyala, hal demikian hanya dianggap sebagai rutinitas belaka.Penelitian ini bertujuan untuk mengenali metode mana yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, diantara penggunaan metode Think Pair Share dan metode Two Stay Two Stray.
Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi pokok peristiwa sekitar proklamasi, dengan penerapan dua metode yang berbeda sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari 31 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen, dan 29 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Pengolahan data dilakukan dengan uji – t, variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah metode Think Pair Share, metode Two Stay Two Stray dan Hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji – t dengan alfa 0,05 dengan df = (N1 + N2 – 2) = 58, maka diperoleh nilai thitung = 2,53 dan nilai ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel (2,53 > 2,00) pada taraf signifikan nyata (α = 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini ditemukan adanya perbedaan yang cukup signifikan antara metode Think Pair Share dan metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajarkan menggunakan metode Think Pair Share (TPS) lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi pokok peristiwa sekitar proklamasi dikelas V SDN 101767 Tembung Tahun Ajaran 2017 / 2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 409 |
Keywords: | THINK PAIR SHARE;TWO STAY TWO STRAY;HASIL BELAJAR;ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35040 |