WULANDARI, SRY (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 101816 PANCUR BATU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311064_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1143311064_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM. 1143311064_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1143311064_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 1143311064_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 1143311064_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143311064_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM.1143311064_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311064_BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13. NIM. 1143311064_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 1143311064_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang keaktifan belajar siswa yang masih sangat kurang,
dimana pada proses pembelajaran masih banyak terdapat siswa yang kurang
berpartisipasi dalam mengikuti materi ajar.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team-Game-
Tournament) dengan menggunakan media TTS (Teka-Teki Silang) dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IV SDN 101816 Pancur Batu T.A
2017/2018. Terdapat 32 siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15
orang siswa perempuan. Untuk memperoleh data yang di gunakan dalam
penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi bagi siswa dan guru untuk
mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Team-Game-Tournament (TGT) bahwa pada kondisi awal
diperoleh 7 siswa yang memiliki keaktifan yang tinggi dengan persentase (22%)
dan 10 siswa memiliki keaktifan yang cukup tinggi dengan persentase (31%), dan
15 siswa yang memiliki keaktifan kurang dengan persentase (47%). Pada siklus ke
I diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team-Game-Tournament (TGT)
dengan menggunakan media TTS dan mengalami perubahan yaitu 18 siswa
memiliki keaktifan yang tinggi dengan persentase (56%), dan 9 siswa memiliki
keaktifan yang cukup tinggi dengan persentase (28%) dan 5 siswa memiliki
keaktifan belajar yang kurang dengan persentase (16%). Pada siklus ke II
keaktifan siswa meningkat menjadi 3 siswa yang keaktifannya sangat tinggi
dengan persentase (9%), 25 siswa yang memiliki keaktifan tinggi dengan
persentase (78%), dan 4 siswa yang memiliki keaktifan cukup tinggi dengan
persentase (13%).
Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA
dengan materi Rangka dan Alat Indera Manusia di kelas IV SDN 101816 Pancur
Batu T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 410 |
Keywords: | KEAKTIFAN, PERSENTASE, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 13:59 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35039 |