NINGRUM, SITI NOVIA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELELUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141069 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4141141069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM 4141141069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4. NIM 4141141069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM 4141141069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM 4141141069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 4141141069 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 4141141069 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM 4141141069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM 4141141069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4141141069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem indera manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Labuhan Deli tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 63 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI MIA 1 (kelas Jigsaw) sebanyak 33 orang dan kelas XI MIA 2 (kelas NHT) sebanyak 30 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran Jigsaw sebesar 85,15 dan hasil belajar model NHT sebesar 76,77. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.975, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif Jigsaw dan NHT pada materi sistem indera manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Labuhan Deli tahun pembelajaran 2017/2018. Selain itu ditemukan juga perbedaan peningkatan aktivitas siswa dengan pembelajaran model kooperatif Jigsaw dan NHT sebesar 4,8, kelas Jigsaw (73,36) lebih tinggi dari pada kelas NHT (68,53). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) pada materi Sistem Indra Manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 077 |
Keywords: | Hasil belajar siswa, Aktivitas siswa, Model jigsaw, Model NHT |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 13:53 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35033 |