PENGGUNAAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SDN 101764 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2017/2018

ELVIKAWATI, HENY (2018) PENGGUNAAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SDN 101764 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311025_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311025_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311025_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311025_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311025_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311025_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311025_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311025_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311025_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311025_BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311025_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311025_BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311025_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn pada materi Harga Diri. Tujuan penelitian ini adalah
menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Harga
Diri.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dalam penelitian ini terdiri dari empat
tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan di SDN 101764 Bandar Klippa yang beralamat di Jalan Besar Medan
Batang Kuis, Bandar Klippa, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IIIC yang berjumlah 31 siswa.
Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi pokok Harga
Diri. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan telah diperoleh peningkatan
hasil belajar dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan pre test untuk
mengetahui letak kesulitan pada materi pokok Harga diri. Hasil penelitian pada
pre test , rata-rata nilai kelas yang diperoleh siswa sebanyak 62,09 dari 31 siswa
bahwa 13 siswa (42%) tuntas dan 18 siswa (58%) siswa yang tidak tuntas. Pada
siklus I rata-rata kelas meningkat yaitu menjadi 71,12 dimana 18 siswa yang
tuntas (58%) dan 13 siswa yang belum tuntas (42%). Maka dilaksanakan siklus II,
dan hasilnya mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata menjadi 82,25 dimana
26 siswa mengalami ketuntasan belajar (84%) dan 5 siswa belum tuntas belajar
(16%).
Dari peningkatan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa, dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Value
Clarification Technique (VCT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn materi pokok Harga Diri di kelas III SDN 101764 Bandar Klippa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 411
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 13:46
Last Modified: 22 Jul 2019 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35026

Actions (login required)

View Item
View Item