Nasution, Nurhamidah (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DI KELAS IV SD SWASTA SALSA DESA CINTA RAKYAT KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111058_COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 1141111058_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
3. NIM.1141111058- ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM.1141111058- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 141111058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 141111058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 1141111058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 1141111058 DAFTAR LAMPIRAN - Copy.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1141111058-BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13.NIM. 1141111058-BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM.1141111058-DAFTAR PUSTAKA selesai.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam di kelas IV SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model Probing-Prompting dan untuk mengetahui apakah model Probing-Prompting dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 23 orang siswa yang terdiri siswa laki-laki 11 orang dan perempuan 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Angket. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian pelaksanaan pada kondisi awal dari jumlah 23 siswa dengan menggunakan angket memperoleh nilai rata-rata 59,21% dengan kriteria siswa yang berminat 17% atau sebanyak 4 siswa dari 23 siswa dan kriteria siswa yang tidak berminat 82% atau sebanyak 19 siswa dari 23 siswa. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model Probing-Prompting perolehan angket mendapatkan nilai rata-rata 70,30% dengan kriteria yang berminat 48% atau sebanyak 11 siswa dari 23 siswa dan kriteria yang tidak berminat 52% atau sebanyak 12 siswa dari 23 siswa. Pada siklus II perolehan angket mendapatkan nilai rata-rata 89,39% dengan kriteria siswa yang berminat 100% atau sebanyak 23 siswa dari 23 siswa dan kriteria siswa yang tidak berminat 0%. Hasil observasi siswa secara keseluruhan pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 58,39%. Pada siklus I pertemuan II diperoleh 69,43% .Pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 78,65%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 90,08%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Probing-Prompting dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 413 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 13:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35019 |