Sinaga, Hermanto Afriadi (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN LKPD PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA DI SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141023 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4143141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 4143141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 4143141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 4143141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4143141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 4143141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4143141023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4143141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM. 4143141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 4143141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pada pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan LKPD pada materi sistem reproduksi manusia berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kerja ilmiah siswa di SMA Swasta Dharma Pancasila Medan T.P. 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Efektivitas pembelajaran dengan model PBL berbantuan LKPD diketahui dari nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemampuan kerja ilmiah, ketuntasan belajar dan ketercapaian indikator. Untuk mendapatkan nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi dilakukan dengan tes dan kemampuan kerja ilmiah dilakukan dengan menilai LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi 79,11 (baik), ketuntasan klasikal sebesar 86,77% dan persentase ketercapaian indikator sebesar 83,33%. Nilai kerja ilmiah siswa sebesar 80,88 (baik), ketuntasan klasikal sebesar 85,30% serta persentase ketercapaian indikator sebesar 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan LKPD pada materi sistem reproduksi manusia efektif berdasarkan kemampuan berpikir tinggi dan kerja ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 084 |
Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Model PBL Berbantuan LKPD, Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Kemampuan kerja ilmiah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:39 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34999 |