situmorang, wardinsen (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SUB MATERI UJI KANDUNGAN ZAT MAKANAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 414114075 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 4141141075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4141141075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4141141075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM 4141141075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 4141141075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 4141141075 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4141141075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 4141141075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 4141141075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4141141075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses penyusunan LKS berbasis Inkuiri terbimbing mengikuti tahap pengembangan sistem instruksional model 4-D, dan (2) menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang baik untuk diterapkan pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan sub materi uji kandungan zat makanan. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga tahap pengembangan (develop). Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub materi uji kandungan zat makanan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Data penelitian diperoleh dari penilaian ahli konstruksi dan ahli isi terhadap LKS yang memuat aspek konstruksi, format, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelengkapan, dan kebahasaan. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: (1) konstruksi LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi uji kandungan zat makanan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dihasilkan nilai 93,75% tergolong kedalam kategori sangat baik; (2) isi LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi uji kandungan zat makanan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dihasilkan nilai 93,75% tergolong dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk hasil respon guru dan siswa terhadap LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi uji kandungan zat makanan yaitu respon guru dihasilkan nilai 100% dan respon siswa dihasilkan nilai 88,6%. Hasil penelitian disimpulkan, bahwa produk LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi uji kandungan zat makanan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang dikembangkan melalui ini sudah sangat baik digunakan dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 087 |
Keywords: | Pembelajaran Biologi, Sub Materi Uji Kandungan Zat Makanan, Perangkat LKS, Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34991 |