TURNIP, NONI DYNAWATI (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SMA N 1 PERCUT SEI RUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141050 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4141141050 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM. 4141141050 ABSTRAK. pdf.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4141141050 PREFACE. pdf.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 4141141050 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 4141141050 TABLE.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4141141050 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 4141141050 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4141141050 CHAPTER 1.pdf.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 4141141050 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4141141050 BLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan tingkat keterampilan berpikir kritis pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 159 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 kelas sebanyak 95 orang yang diambil secara Random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berupa tes pilihan berganda, tes esai dan hasil wawancara. Hasil Penelitian menunjukan pemahaman konsep siswa 20% baik sekali, 31,57% baik, 8,42% sedang dan 40% kurang sedangkan berdasarkan indikator soal, pemahaman konsep siswa tertinggi 76,24% terdapat pada indikator membedakan Archaebacteria dan Eubacteria dan pemahaman konsep terendah 58,94% terdapat pada indikator membedakan reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual, dan hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir kritis siswa 2,11% sangat baik, 6,32% baik, 38,95% cukup baik, 9,47% kurang dan 43,16% kurang sekali dan hasil keterampilan berpikir kritis siswa dilihat dari 5 aspek berpikir kritis yaitu; pada aspek memberikan penjelasan sederhana keterampilan berpikir kritis siswa berkategori baik dengan persentase 54%, pada aspek membangun keterampilan dasar keterampilan berpikir kritis siswa kurang sekali dengan persentase 40%, pada aspek menyimpulkan katerampilan berpikir kritis siswa berkategori baik dengan persentase 34%, pada aspek membuat penjelasan lebih lanjut katerampilan berpikir krits siwa berkategori cukup baik dengan persentase 35%, dan pada aspek mengatur strategi dan taktik keterampilan berpikir kritis siswa berkategori cukup baik dengan persentase 31%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 088 |
Keywords: | PEMAHAMAN KONSEEP, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34989 |