Pangaribuan, Sonya (2018) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA DI SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311041 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143311041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 4143311041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4143311041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4143311041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4143311041 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 4143311041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4143311041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4143311041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM. 4143311041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4143311041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keefektifan LKS yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik di kelas VII SMP Negeri 17 Medan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 pada uji coba I dan VII-5 pada uji coba II SMP Negeri 17 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, LKS, dan Tes untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, waktu pembelajaran, dan angket respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS yang telah dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketuntasan belajar klasikal telah melebihi batas minimal yaitu 87,87% pada uji coba II (b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai pada uji coba II (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,15 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi waktu pembelajaran biasa yaitu pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan II. (2) nilai rata-rata kelas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 25 orang menjadi 29 orang. (3) respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan LKS yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 117 |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa; Pendekatan Matematika Realistik; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:51 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34946 |