Hanafi, Hilman (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133131014 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 5133131014 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 5133131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 5133131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 5133131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5133131014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5133131014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5133131014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5133131014 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 5133131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 5133131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lebih tinggi hasil belajar dasar listrik dan elektronika menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa untuk kelas eksperimen , 32 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh thitung 11,09 dan ttabel pada taraf signifikan (α = 0,05) sebesar 1,671 (thitung > ttabel). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik lebih tinggi dari pendekatan pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 041 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pendekatan Ekspositori, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics > QC501 Electricity T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34939 |