Sinaga, Helen Valentin (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121022 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. 4143121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM 4143121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 4143121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM 4143121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM 4143121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4143121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM 4143121022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM 4143121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 4143121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 4143121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, didapatkan siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esay pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 7 item pengetahuan konseptual dan lembar observasi aktivitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,57 dan kelas kontrol adalah 34,85 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 75,57 dan kelas kontrol adalah 65,71. Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan hasil pengetahuan konseptual fisika dengan menggunakan model tipe group investigation lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 075 |
Keywords: | group investigation, aktivitas, pengetahuan konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:25 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34921 |