HASIBUAN, PUTRI NURAINA (2018) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131038 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 4141131038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM. 4141131038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 4141131038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4141131038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM. 4141131038 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 4141131038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 4141131038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM. 4141131038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 4141131038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 4141131038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil
belajar kimia siswa yang diberikan implementasi Pedagogical Content Knowledge
(PCK) dengan media pembelajaran laboratorium virtual pada pokok bahasan
larutan penyangga lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan media
laboratorium virtual. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen semu.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA/MA. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik penentuan sampel (purposif sampling) yaitu
diambil dua kelas, kelas eksperimen I dibelajarkan dengan menerapkan
pedagogical content knowledge (PCK) dengan media laboratorium virtual dan
kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menerapkan media laboratorium virtual.
Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah
20 soal yang sudah diuji validitas butir item, tingkat kesukaran, daya beda,
distruktor dan reliabilitas. Data pretest dan posttest serta peningkatan hasil belajar
kimia siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, dan hasil yang diperoleh kedua
kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Dari hasil penelitian, untuk
kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,83 dan posttest
sebesar 82,5. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen II sebesar
36,33 dan posttest sebesar 77,5. Adapun hasil perolehan rata-rata nilai
peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain) yang dibelajarkan dengan
menerapkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan media laboratorium
virtual adalah sebesar 0,72 (72%) sedangkan peningkatan hasil belajar kimia
siswa yang dibelajarkan hanya dengan menerapkan media laboratorium virtual
adalah sebesar 0,64 (64%). Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji
hipotesis menggunakan uji t-satu pihak yaitu uji t pihak kanan pada taraf
signifikansi 5% (α = 0,05), diperoleh bahwa thitung > ttabel (2,62381 > 1,6723)
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian peningkatan hasil belajar
kimia siswa yang diberikan implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
dengan media pembelajaran laboratorium virtual pada pokok bahasan larutan
penyangga lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan media laboratorium
virtual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 049 |
Keywords: | LABORATORIUM VIRTUAL, LARUTAN PENYANGGA, PCK, PENINGKATAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 16:03 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34892 |