Leli, Nur (2018) PERANCANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI MAN 1 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142141025 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4142141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 4142141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 41421410254 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 4142141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4142141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4142141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4142141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4142141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 4142141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 4142141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry learning) pada materi sistem ekskresi berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan siswa serta mengetahui kemampuan berfikir kritis dan ketuntasan klasikal belajar siswa di kelas XI MAN 1 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli pembelajaran, 3 guru Biologi, 20 siswa (uji kelompok kecil) serta 37 siswa (penyebaran lapangan terbatas). Objek dalam penelitian ini adalah materi sistem ekskresi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan persentase nilai 91,8% (sangat layak), persentase ahli pembelajaran sebesar 93,75% (sangat layak), persentase respon guru Biologi sebesar 87,56% (sangat layak) dan persentase tangapan peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 76,47% (baik). Hasil persentase rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada uji lapangan terbatas yaitu 67,33% (cukup baik) dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan persentase 86,11%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 102 |
Keywords: | Perancangan, LKPD, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Materi Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34883 |