ANDINI, FARADILLA DWI (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131017 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4141131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 4141131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 4141131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 4141131017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 4141131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4141131017 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 4141131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 4141131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4141131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gain hasil belajar, perbedaan gain hasil belajar dan aktivitas siswa, serta hubungan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Macromedia Flash dan PowerPoint pada materi Larutan Penyangga. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Mia SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposif. Kelas eksperimen I, yaitu kelas XI Mia-1 menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Macromedia Flash, sedangkan kelas eksperimen II, yaitu kelas XI Mia-2 menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media PowerPoint. Hasil analisis peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I menunjukkan thitung > ttabel (31,741 > 1,6957), berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I. Hasil analisis peningkatan hasil belajar kelas eksperimen II menunjukkan thitung > ttabel (32,614 > 1,6996), berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II. Hasil analisis perbedaan peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,1 > 1,999), berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II. Hasil analisis perbedaan aktivitas menunjukkan thitung > ttabel (2,25 > 1,999), berarti terdapat perbedaan aktivitas siswa kelas eksperimen I dan aktivitas siswa kelas eksperimen II. Analisis hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen I menunjukkan rhitung > rtabel (0,51 > 0,349), berarti terdapat hubungan yang positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen I. Analisis hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen II menunjukkan rhitung > rtabel (0,418 > 0,344), berarti terdapat hubungan yang positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 053 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, MACROMEDIA FLASH, POWERPOINT, HASIL BELAJAR, DAN AKTIVITAS SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34878 |