SIREGAR, ERAYANTI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141131013 COVER. Pdf.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4141131013 APPROVAL SHEET. Pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM 4141131013 ABSTRACT.Pdf.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4141131013 PREFACE.Pdf.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM 4141131013 TABLE OF CONTENT. Pdf.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 4141131013 TABLES. Pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4141131013 ILLUSTRATION. Pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4141131013 APPENDICES. Pdf.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4141131013 CHAPTER I. Pdf.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 4141131013 CHAPTER V. Pdf.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM 4141131013 BIBLIOGRAPHY.Pdf.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model Inkuiri Terbimbing dengan media Lembar Kerja Siswa terhadap hasil belajar dan kemampuan proses sains siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam pada pokok bahasan hidrolisis garam. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t-dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji t-dua pihak untuk rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I diperoleh sebesar 70,33 dan kelas eksperimen II sebesar 78,5. Rata-rata keterampilan proses sains siswa diperoleh pada kelas eksperimen I sebesar 76 dan kelas eksperimen II sebesar 82. Untuk uji korelasi antara hasil belajar siswa dengan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen I diperoleh rhitung> rtabel (0,55 > 0,361). Berdasarkan hasil analisis data, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing. 2) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing, 3) ada hubungan antara keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Lerning(PBL) dan inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 064 |
Keywords: | PBL, INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34861 |