PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

AKMAL, RADIA (2018) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7142141033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7142141033 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7142141033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7142141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (957kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7142141033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7142141033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7142141033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7142141033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7142141033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7142141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7142141033 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7142141033 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7142141033 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7142141033 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7142141033 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7142141033 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7142141033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7142141033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7142141033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7142141033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7142141033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7142141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan T.A 2017/2018 sudah terkategori cukup baik namun disiplin belajar dan pengunaan sumber belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan pengunaan sumber belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan (observasi), dokumentasi dan angket (kuesioner). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 19,303 + 0,396X1 + 0,353X2 + e. Analisis uji t untuk variabel Disiplin belajar (X1) diperoleh thitung > ttabel (2,868 > 1,996) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,006 < 0,05. Hal ini berarti Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Penggunaan sumber belajar (X2) diperoleh thitung > ttabel (2,973 > 1,996) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,004 < 0,05. Hal ini berarti Penggunaan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (69,280 > 3,13) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin belajar (X1) dan Penggunaan sumber belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara disiplin belajar dan Penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan T.A 2017/2018 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 EKO 040
Keywords: Disiplin Belajar, Penggunaan Sumber Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:05
Last Modified: 02 Mar 2020 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34830

Actions (login required)

View Item
View Item