AKMAL, RADIA (2018) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142141033 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7142141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (957kB) | Preview
3. NIM. 7142141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
4. NIM. 7142141033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM. 7142141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
6. NIM. 7142141033 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7142141033 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7142141033 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 7142141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM 7142141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM 7142141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan T.A 2017/2018 sudah terkategori cukup baik namun disiplin belajar dan pengunaan sumber belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan pengunaan sumber belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan (observasi), dokumentasi dan angket (kuesioner). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 19,303 + 0,396X1 + 0,353X2 + e. Analisis uji t untuk variabel Disiplin belajar (X1) diperoleh thitung > ttabel (2,868 > 1,996) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,006 < 0,05. Hal ini berarti Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Penggunaan sumber belajar (X2) diperoleh thitung > ttabel (2,973 > 1,996) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,004 < 0,05. Hal ini berarti Penggunaan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (69,280 > 3,13) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin belajar (X1) dan Penggunaan sumber belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara disiplin belajar dan Penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Taman Siswa Medan T.A 2017/2018 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 040 |
Keywords: | Disiplin Belajar, Penggunaan Sumber Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:05 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34830 |