SARI, RANITA (2018) PERAN GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SESUAI DENGAN PANCASILA DI SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111019 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 3142111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM. 3142111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 3142111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM. 3142111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 3142111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 3142111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3142111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
12. NIM. 3142111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 3142111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menerapkan sikap toleransi beragama pada siswa di sekolah SMA Negeri 1 Babalan Tahun Ajaran 2017-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriftip kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah XI SMA Negeri 1 Babalan yang berjumlah 288 orang. Maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi sehingga penulis memperoleh sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui teknik perhitungan sederhana dengan menggunakan tabel frekuensi. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif selanjutnya penulis akan menganalisis data dengan menggunakan rumus tabel frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn sudah berperan dalam meningkatkan sikap toleransi siswa SMA Negeri 1 Babalan. Guru telah mengajarkan sikap toleransi beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara. Siswa telah menyadari bahawa pelajaran PPKn adalah pelajaran yang penting dalam kehidupan, sehingga siswa akan menghargai perbedaan serta menjunjung tinggi persatuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 075 |
Keywords: | Peran Guru, Toleransi Beragama, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:01 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34824 |