MANDASARI, AGUSTINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143331002 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4143331002 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4143331002 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM 4143331002 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM 4143331002 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4143331002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 4143331002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4143331002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4143331002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
10. NIM 4143331002 BAB I_doc.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM 4143331002 BAB V_doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
15. NIM 4143331002 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan minat belajar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media powerpoint lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran tanpa model dan
media serta mengetahui korelasi yang signifikan antara minat dengan hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Powerpoint.
Penelitian dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yakni mengambil 2 kelas
yang dijadikan kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen Pretest-posttest Control Group Design. Data diperoleh dengan mengumpulkan
data pretest dan post-test terhadap minat dan hasil belajar. Sebelum pretest, dilakukan terlebih dahulu uji analisis instrument soal pilihan ganda dan didapat sebanyak 20 soal yang sesuai dengan kriteria dengan tingkat reabilitas 0,843. Sedangkan data untuk minat siswa diperoleh melalui pengisian angket instrumen yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh dari normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa semua data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dan minat belajar yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media powerpoint lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran tanpa model
dan media pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dan terdapat korelasi signifikan antara minat dengan hasil belajar siswa pada materi Kelarutan dan
Hasil Kali Kelarutan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 078 |
Keywords: | Hasil belajar; minat belajar; problem based learning; dan powerpoint |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:50 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34814 |