NAINGGOLAN, YUNI MANTANA (2018) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SMA BERBASIS PROYEK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331028 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 4143331028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. 4143331028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 4143331028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 4143331028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 4143331028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM .4143331028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4143331028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4143331028 BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM. 4143331028 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4143331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas XI IPA SMA/MA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Populasi terdiri dari seluruh penuntun praktikum kimia yang beredar di Medan, seluruh dosen kimia Unimed, seluruh guru kimia dan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan. Sampel terdiri dari 3 penuntun praktikum kimia (penerbit A, B, dan C), 2 dosen kimia, 2 guru kimia, 2 kelas XI IPA T.A. 2017/2018. Penelitian bersifat deskriptif, pengembangan dan eksperimen dengan metode ADDIE. Hasil standarisasi oleh guru dan dosen terhadap penuntun praktikum A, B, C, dan penuntun praktikum yang dikembangkan diperoleh rata-rata berturut-turut 3,14; 3,32; 3,11; dan 3,78. Gain uji coba penuntun praktikum diperoleh kelas eksperimen > kelas kontrol (88,00% 80,00% ) serta nilai aktivitas (kinerja) siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol . Data post-test dianalisis dengan uji t satu pihak pada α = 0,05, diperoleh thitung = 6,4 > ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang telah dikembangkan sudah baik dan standar sesuai kriteria BSNP serta layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 077 |
Keywords: | PENUNTUN PRAKTIKUM;KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:48 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34811 |